Rabu, 20 April 2011

Thai-Laos konstruksi raksasa mengabaikan keprihatinan Sungai Mekong

(Bangkok Post)

Pekerjaan konstruksi sekitar bendungan kontroversial di Laos yang diharapkan untuk menyediakan energi murah ke Thailand sedang berlangsung meskipun proyek belum menerima persetujuan resmi.

PENGGALIAN: Sebuah backhoe sedang melakukan penggalian tanah di sepanjang jalan menuju letak dam rencana, sekitar 20km dari Tha Dua pier.


Sebuah penyelidikan oleh Bangkok Post Minggu mengunjungi daerah sekitarnya Xayaburi bendungan di Sungai Mekong Bawah minggu lalu menemukan pekerjaan jalan utama dalam pembangunan dan bersiap-siap untuk merelokasi desa. Beberapa penduduk desa mengatakan bahwa mereka menerima hanya US $ 15 (450 baht) sebagai kompensasi untuk memindahkan dari daerah tersebut. 

Truk dan backhoes bertuliskan nama Ch Karnchang, sebuah perusahaan Thailand bersama-sama terlibat dalam proyek 3500000000 $ oleh pemerintah Laos, terlihat pembersihan dan grading jalan. Komisi Sungai Mekong (MRC) di Thailand, Laos, Vietnam dan Kamboja akan bertemu Selasa ini untuk memutuskan apakah akan menyetujui proyek tersebut. 

Vietnam dan Kamboja terhadap bendungan, yang juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan pencinta lingkungan dan aktivis yang mengatakan ia telah dielakkan studi dampak lingkungan yang tepat. Namun, keputusan ini tidak mengikat negara satu dan salah satu anggota untuk melanjutkan dengan proyek ini jika Anda inginkan.

INILAH BISNIS: Sederetan lebih dari 20 truk Ch Karnchang. Terlihat logo perusahaan.

Penyelidikan kami menunjukkan cara kerja dilakukan lebih dari 30km dari desa Nara talan Ban Ban Ban Houay dan Souy, yang terletak dekat lokasi yang diusulkan untuk bendungan. 

Menurut penduduk desa yang tinggal dekat lokasi bendungan, pekerjaan jalan dimulai sekitar lima bulan yang lalu. Ini adalah satu bulan setelah pemerintah Laos menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk konsultasi ke MRC, yang meliputi analisis dampak lingkungan, untuk diperiksa. 

Dari desa Nara Tirus, sekitar 17km dari dermaga di mana Tha Dua orang menyeberangi Sungai Mekong untuk mendapatkan akses ke Xayaburi, ada jalan lajur dua dengan lubang sejajar dengan sungai. 

Tetapi sebagai jalur talan veers dan Ban Ban Houay Souy di sungai gunung, telah melebar ke 5-8 meter dengan tingkat permukaan keras.

KALIAN AKAN TERSINGKIR: Desa Ban Talan berada di bawah jalan sekitar lokasi

Backhoes terlihat menggali di jalan, dan sekitar 10km dari desa Nara Ban, puluhan truk dan backhoes diparkir di sebuah kamp konstruksi sementara. Mereka menanggung nama Ch Karnchang, yang telah membentuk anak perusahaan di Laos disebut Xayaburi Power untuk melaksanakan pembangunan dan mengoperasikan proyek bendungan. 

Tentang 3km lebih lanjut, ada sebuah kamp yang lebih besar dengan mesin-mesin berat, tangki bahan bakar, pabrik semen, warung makan dan toko-toko kelontong. Beberapa pekerja terlihat di lokasi dan sepanjang 500m , ada pos pemeriksaan dengan tanda mengatakan "area pembangunan". 

Terdapat jalan baru diratakan sekitar sepanjang 15 km dan berakhir di Ban Houay Souy, yang sekarang hanya dapat diakses dengan perahu.

RUMAHKU ISTANAKU: Sebuah keluarga yang harus pindah karena akan dibuat jalan menuju ke lokasi bendungan


"Mereka ingin menyelesaikannya sebelum hujan datang," kata salah seorang pekerja. 

Warga Laos dari bagian lain di negeri ini juga sudah datang untuk mencari pekerjaan. Beberapa telah menyiapkan toko kelontong dan warung makanan, sementara yang lain telah mengambil pekerjaan sebagai pekerja jalan atau menunggu pekerjaan konstruksi bendungan untuk memulai. 

Seorang pria dari Vientiane mengatakan dia dan beberapa orang lainnya dari ibukota datang mencari pekerjaan. Ia mengatakan mereka telah diberitahu bahwa kantor akan terbuka bulan depan. 

Relokasi warga desa juga siap untuk mulai. Di talan Ban, penduduk desa mengatakan pihak berwenang dari Laos datang untuk melihat mereka. Mereka diberitahu bahwa mereka harus bergerak tapi tidak ada tanggal yang ditentukan. Penduduk desa mengatakan bahwa mereka dijanjikan sebuah rumah beton baru yang diberikan oleh pemerintah pada sebuah gunung di dekatnya. 

Mereka mengatakan mereka juga dijanjikan $ 15 sebagai kompensasi. "Pihak berwenang mengatakan begitu, jadi kita harus melakukannya," kata salah seorang penduduk desa. Ch Karnchang tidak tersedia untuk komentar. Pada bulan September 2010, pemerintah Laos mengajukan petisi kepada MRC untuk memulai aplikasi proses formal setelah mendapat persetujuan dari Xayaburi, yang pertama dari 11 bendungan yang diusulkan di seluruh lembah Sungai Mekong.

SURGA PEMBUAT JALAN: Sebuah pengolahan beton di tepi jalan

 
Ini dimulai pada prosedur yang diperlukan untuk semua proyek sebagaimana diatur dalam perjanjian yang ditandatangani oleh negara-negara anggota MRC pada tahun 1995. 

Berdasarkan perjanjian tersebut, proyek-proyek konstruksi dengan dampak lintas batas potensial harus ditinjau dan konsultasi sebelum melanjutkan. 

Prasarn Marukpitak, seorang senator pensiun bekerja pada pembangunan sosial di daerah tersebut, mengatakan pekerjaan persiapan jelas untuk bendungan telah berjalan dengan lancar. 

Mr Prasarn mengatakan jika proyek tersebut terus berjalan tanpa persetujuan dari semua negara anggota MRC, bisa meningkat menjadi sebuah konfrontasi internasional. "Laos adalah salah satu anggota MRC. Masyarakat internasional tetap mengawasi apakah aturan-aturan utama badan tersebut dilaksanakan dengan baik." 

Hal ini tampaknya telah mengabaikan penilaian dampak strategis dan proses konsultasi daerah , "kata Mr Prasarn 

Proyek Xayaburi Dam  berencana untuk memulai operasi komersial pada bulan Januari 2019. 

Pada bulan Desember tahun lalu, Thailand Komite Kebijakan Energi Nasional menyetujui kontrak jual beli listrik, membuka jalan bagi pemasok listrik negara EGAT untuk menandatangani kontrak dengan Ch Karnchang putra Xayaburi Power. Sekitar 95% dari kapasitas 1.260 MW proyek diatur untuk ekspor ke Thailand pada 2,15 baht per tingkat unit.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar