Jumat, 20 Mei 2011

Pentingnya Menyalakan Lampu di Areal Parkir Basement

20 Mei 2011

by : APG

sumber : unik4u.blogspot.com (ditambahkan oleh pgopta)


Dalam aktifitas mengemudi sehari-hari, kita sering menghadapi situasi mengemudi dari tempat yang terang lalu mendadak masuk ke tempat yang agak gelap seperti misalnya masuk ke parkiran gedung / Basement pada siang hari, dimana perbedaan tingkat intensitas cahaya matahari di jalan raya pada siang hari vs pencahayaan pada tempat parkir yang tertutup seperti Basement adalah cukup jauh, bahkan ada beberapa Basement yang sangat gelap.

Reaksi biologisnya : Seseorang masuk ke dalam ruangan gelap yang tadinya berada di ruangan terang, jumlah Rhodopsin di dalam Rod sangat sedikit sebagai akibat orang tersebut tidak dapat melihat apa-apa di dalam ruangan gelap. Selama berada di ruangan gelap, pembentukan Rhodopsin di dalam Rod sangatlah perlahan-lahan, konsentrasi Rhodopsin akan mencapai kadar yang cukup dalam beberapa menit berikutnya, sehingga akhirnya Rod akan terangsang oleh cahaya dalam waktu singkat.

Selama penyesuaian gelap kepekaan retina akan meningkat mencapai nilai 100.000 waktu yang akan diperlukan 1 jam. Sedangkan kepekaan retina akan menurun dari nilai 100.000 apabila seseorang dari ruangan gelap ke ruangan terang. Proses penurunan kepekaan retinan hanya diperlukan waktu 1 sampai 10 menit. (BIO OPTIK K III).


sumber unirab.multiply.com (ditambahkan oleh pgopta)


Maka dari itu ada baiknya jika pada siang hari kita memasuki tempat parkiran/ gedung basement yang agak gelap , segera nyalakan lampu kecil pada mobil kita atau boleh hidupkan lampu besar (low beam) jika tingkat pencahayaan di tempat parkir gedung/ basement sangat kurang, hal ini demi keselamatan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar